Kegiatan Seni di Negara Brunei Darussalam : Teater Bangsawan - Keris Menjadi Saksi



Pada 23 Oktober 2010 yang lalu, PUSAT SENI SEMANJUNG dengan kerjasama Angkatan Sasterawan dan Sasterawani (ASTERAWANI) telah mengungkayahkan satu pementasan Teater Bangsawan yang berjudul "Keris Menjadi Saksi". Teater Bangsawan "Keris Menjadi Saksi" adalah Road Show Sosialisasi Budaya Melayu Riau (Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura) Oktober-November 2010 daripada PUSAT SENI SEMANJUNG dengan membawakan tema Persembahan Budaya Melayu Riau "Gelar Budaya Riau". Persembahan tersebut diadakan di Dewan Raya Radio Televisyen Brunei, Bandar Seri Begawan, Negara Brunei Darussalam. Tetamu kehormat yang menyaksikan persembahan malam itu adalah Yang Mulia Dato Paduka Awang Haji Jemat bin Haji Ampal, Setiausaha Tetap Kementerian Kebudayaan Belia dan Sukan. Turut menjayakan persembahan tersebut adalah Kementerian Kebudyaan Belia dan Sukan, Dewan Bahasa dan Pustaka, Radio Telvisyen Brunei, Kelab Rakis (Universiti Brunei Darussalam), Kedutaan Besar Republik Indonesia, media massa dan semua pihak yang terlibat secara langsung atau tidak langsung.


Latar Belakang Pusat Seni Semanjung (Arts Training Center)


Melayu, khususnya Riau memiliki kekayaan seni budaya, sarat muatan tuntunan moral yang dapt memperkuatkan karakter bangsa. Oleh kerana itu perlu menjaga, melestarikan dan mengembangkannya sebagai cermin bangsa yang beradab.

Dalam rangka itu, beberapa mahasiswa Riau dari berbagai kabupaten dan Asrizal Nur, seniman asal didukung oleh HM. Lukman Edy mantan Menteri PErcepatan Daerah dan kini sebagai Ketua Umum Persatuan Masyarakat Riau, Jakarta. Berikutan memegang jawatan sebagai Ketua Umum, beliau menubuhkan Pusat Latihan Seni Semenanjung (Seni Melayu Nun Dijunjung) ditubuhkan pada 1 April 2010, di sekretariat himpunan Pelajar Mahasiswa Bengkalis (HIPEMALIS).


Pusat Latihan Seni Semenanjung membuka pelatihan seni, antara lainnya ialah seperti teater, tari, musik dan deklamasi. Dengan empat cabang kesenian tersebut, kelak dapat membina dan melahirkan pelaku seni berbakat yang dapat melestarikan kesenian Melayu antara lain; teater bangsawan, dendang Melayu, puisi : pantun, guridam, syair dan tari Melayu. Keempat-empat kesenian tersebut adalah asas kesenian Melayu yang akan memperkukuhkan bangunan kebudayaan Melayu.

Teater Bangasawan (Bangsawan Theater)


Teater Bangsawan , dahulunya Bangsawan adalah drama Melayu yang ditampilkan melebihi satu babak, tiga bahkan lebih dengan durasi lebih dua jam, setiap babak ditandai dengan syair atau lagu dengan pergantian setingg panggung dan latar belakang panggung berbentuk layar yang dilukis.

Bangsawan memiliki penokohan yang hampir sama dengan ketoprak (Jawa), Mamanda (Kalimantan), Lenong Dians (Betawi), ada tokoh Raja, Panglima perang atau tokoh kerajaan lainnya, tokoh komedi biasanya disebut kadam, dan tokoh antogonis seperti lanun atau perompak. Bangsawan dahulu kalanya adalah seni drama tontonan raja, oleh kerana waktu itu banyak aturan-aturan yang tidak boleh melanggar tatakrama kerajaan.


Pada Teater Bangsawan "Keris Menjadi Saksi" sudah diinovasi sesuai dengan perkembangan zaman, tidak menggunakan layar yang berlapis-lapis tetapi diganti layar projektor, cerita cukup satu babak saja dengan durasi kurang dari dua jam namun ciri khas bangsawan seperti penokohan, alur cerita, syair, tari dan muzik Melayu tetap dikekalkan.


"Keris Menjadi Saksi" ditulis oleh Temul Amsal dan di Sutradarai oleh Asrizal Nur. Pada Road Show Sosialisasi Budaya Melayu Riau, Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura, Oktober-November 2010 didukung oleh para penari dari Sanggar Srigemilang Indagiri Hilir Riau.


Sutradara Asrizal Nur




Di samping penyair dan deklamtor, ia juga seorang dramawan, baik terlibat seabgai aktor, penulis naskah, sutradara bahkan pimpinan produksi telah dilakoni beliau. Naskah teater yang beliau tulis dan disutradarai adalah : Umar bin Kattab, Sang Yang Hitam, Belantara Naga, Surat Cinta Untuk Marsinah, Reformasi Orang-orang Pabrik, Tabir, Opera Pantun dan lain-lain. Beliau pernah bermain teater bangsawan bersama tokoh-tokoh teater klasik antara lain BM. Syamsuddin berjudul Tun Nila Utama ditampilkan di acara Pertemuan Adat Melayu se Sumatra, Ketabong, Ketuban bersama Temul 'Amsal. Untuk membangkitkan kecintaan anak-anak muda Riau di Jakarta terhadap kesenian Melayu, beliau mengagas dan mengasuh Pusat Latihan Seni Semanjung. Beliau mengangkat dan membesarkan Melayu, khususnya Riau adalah perjuangan beliau yang tidak akan habis.


Penulis Temul 'Amsal


Beliau adalah salah seorang teater klasik terkenal di Riau, masa mudanya beliau kerap kali memenangkan festival teater. Pemimpin Teater Gema ini telah banyak menulis naskah drama klasik dan sekaligus menyuntradainya, antara lainnya ialah Ketuban, Puah, Inaio Berdarah, Putri Lindung Bulan, Misteri Pulau Penyamun, Puang yang kemudiannya atas izinnya diganti judulnya oleh Asrizal Nur berubah "Keris Menjadi Saksi". Ketika beliau bekerja di Depertmen Penerangan Provinsi Riau, belaiu banyak juga menulis naskah drama radio dan drama televisyen. Temul juga seorang penyair dan pelukis. Seniman ini menetap di Pekanbaru, Riau. Untuk pementasan Teater Bangsawan "Keris Menjadi Saksi", beliau bertugas sebagai penata panggung.




Sinopsis "Keris Menjadi Saksi"


Syahdan dahulu kala, di kerajaan Pelalawan Riau, tersebutlah seorang raja adil dan budiman Sultan Syah Alam namanya. Ia dikhianati oleh Panglimanya bernama Kiau. Sultan, isteri dan anaknya dibunuh, namun seorang antara anaknya bernama Jalak diselamatkan oleh Datuk Bendahara. Dua puluh tahun Kemudian, di rumah Alang loma,Panglima Sultan yang jujur dan berbudi. Ketika Kipa yang telah mengangkat dirinya menjadi raja itu berhasrat meminang putri Alang Loma, Jalak hadir, bersama Datuk Bendahara yang menyamar sebagai Kemantan dibantu Alang Loma, kebusukan dan keserakahan Kiap terungkap dan Jalak berhasil membuka kedok Kiap dengan keris yang telah membunuh ayahandanya, dendam pun terbalaskan.


Category: